Language:

Search

Tugas & Fungsi PPID

TUGAS & FUNGSI PPID SETJEN WANTANNAS RI   

Tugas :         

  1. Penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, dan pengamanan informasi;         
  2. Pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku;         
  3. Pelayanan informasi publik yang cepat, tepat, dan sederhana;         
  4. Penetapan prosedur operasional penyebarluasan informasi publik;         
  5. Pengujian konsekuensi;         
  6. Pengklasifikasian informasi dan/atau pengubahannya;         
  7. Penetapan informasi yang dikecualikan yang telah habis jangka waktu pengecualiannya sebagai informasi publik yang dapat diakses; dan         
  8. Penetapan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil untuk memenuhi hak setiap orang atas informasi publik.         

Fungsi :          

  1. Penghimpunan informasi publik dari seluruh unit kerja di lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional;          
  2. Penataan dan penyimpanan informasi publik yang diperoleh dari seluruh unit kerja di Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional;          
  3. Penyeleksian dan pengujian informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualian dari informasi yang terbuka untuk publik; dan           
  4. Penyelesaian sengketa pelayanan informasi.          

 

Tugas dan Fungsi PPID Pelaksana   

No 

Bidang 

Uraian Tugas 

Bidang Pengelolaan Informasi 

1. Menghimpun dan  menganalisa  permintaan informasi serta menyampaikannya ke  PPID Utama;  
2. Menghimpun  dan menganalisa permintaan informasi yang tidak berada dalam daftar informasi yang dikuasainya;  dan  
3. Memproses keberatan permohonan informasi. 

Bidang Sistem Informasi 

1. Menyiapkan pengembangan dan pengelolaan sistem informasi;  
2. Melakukan  pengembangan pada website induk maupun  pada website PPID;  dan  
3. Memfasilitasi      dalam       bentuk       teknologi informasi, segala sesuatu yang menyangkut keterbukaan informasi publik. 

Bidang Pelayanan Informasi 

1. Menerima dan melayani permintaan  informasi serta menyampaikan salinan informasi yang dimohonkan kepada PPID Pelaksana Bidang Pengelolaan Informasi;  
2. Memberikan  informasi  mengenai prosedur dan sarana permohonan informasi serta membantu pemohon memperoleh informasi;  
3. Meneruskan    permintaan    informasi   dari pemohon   kepada   Kabag    Persidangan   dan Humas apabila informasi tersebut tidak berada dalam daftar informasi yang dikuasainya;  
4. Menyatakan   permintaan   informasi  tidak diterima apabila syarat pengajuan  permintaan informasi tidak lengkap serta membantu melengkapi syarat pengajuan  permintaan informasi tersebut;  dan  
5. Melayani,    mendaftar,    dan   meneruskan keberatan  pemohon informasi kepada  Bagian Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa. 

Bidang Dokumentasi dan Arsip 

1. Membantu  mengumpulkan  seluruh  dokumen dari   PPID   Pelaksana  Bidang  Pelayanan Informasi;  
2. Membantu mengolah dan menyimpan dokumen dari PPID Pelaksana Bidang Pelayanan Informasi;  
3. Membantu PPID Utama dalan memutakhirkan informasi publik secara berkala;  
4. Memelihara meja informasi serta papan pengumuman yang berada di bawah kewenangan Badan Publik setempat;  
5. Memelihara Daftar Informasi Publik yang mencakup empat kategori informasi yang berada di bawah penguasaan Badan Publik; dan  
6. Mendistribusikan dan mengarsipkan informasi-informasi yang diminta. 

Bidang Pengaduan  dan Penyelesaian Sengketa 

1. Mempunyai    tugas  mengumpulkan  seluruh Informasi  Publik di lingkungan PPID  Pelaksana di  setiap bidang yang meliputi  informasi yang wajib disediakan  dan  diumumkan  secara berkala,  informasi yang  wajib  tersedia  setiap saat,  informasi terbuka  lainnya yang  diminta pemohon Informasi Publik;  
2. Melakukan    pendataan       secara       berkala Informasi   Publik  yang  dikuasai   oleh  setiap PPID  Pelaksana di  lingkungan  Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional dalam rangka pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik secara berkala;  
3. Melakukan           pengklasifikasian           seluruh Informasi Publik;  dan  
4. Melakukan  Penyimpanan Informasi  Publik per bagian  sesuai  dengan  Peraturan  perundang-undangan di bidang kearsipan. 

Bidang Administrasi Kepegawaian 

Mengoordinasikan     pengumpulan    seluruh Informasi  Publik di  lingkungan  PPlD  1   meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara  berkala,   informasi  yang  wajib   tersedia setiap saat,  dan informasi terbuka  lainnya yang diminta  oleh pemohon Informasi  Publik  dengan rincian sebagai berikut:  
1. Informasi    Daftar Personel terbaru;  
2. Informasi LHKPN;  
3. Informasi data statistik kepegawaian;  
4. Informasi mengenai rancangan regulasi;  
5. Informasi    mengenai   regulasi   yang   sudah disahkan/ ditetapkan;  
6. Informasi     pendukung    dalam   penyusunan regulasi;  
7. Informasi   mengenai  prosedur  kerja  pegawai yang berkaitan dengan pelayanan;  
8. Informasi pedoman kepegawaian;  
9. Informasi       mengenai     penerimaan      calon pegawai;  dan  
10. Informasi  terbuka  lainnya yang diminta  oleh pernohon Informasi Publik. 

Bidang Administrasi Barang Milik Negara 

Mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi  Publik di  lingkungan PPlD   1   meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara  berkala,   informasi  yang  wajib  tersedia setiap saat,  dan informasi terbuka  lainnya yang diminta  oleh pemohon  Informasi  Publik dengan rincian sebagai berikut:  
1. Informasi      mengenai pengadaan  barang  dan jasa;  
2. Informasi mengenai Barang Milik  Negara;  
3. Informasi   surat  menyurat perjanjian  dengan pihak ketiga mengenai pengadaan barang dan jasa berikut dokurnen pendukungnya;  dan  
4. Informasi  terbuka  lainnya  yang diminta  oleh pemohon Informasi Publik. 

Bidang Administrasi Tata Usaha 

Mengoordinasikan     pengumpulan    seluruh Informasi Publik di lingkungan PPlD 1  meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara  berkala,   informasi   yang  wajib   tersedia setiap saat,  dan informasi  terbuka lainnya yang diminta oleh pemohon Informasi Publik dengan rincian sebagai berikut:  
1. Informasi mengenai MoU;  
2. Informasi   mengenai  pengelolaan  administrasi tata usaha;  
3. Informasi     surat   menyurat   pejabat   terkait dengan pelaksanaan tupoksi;  
4. Informasi    penelitian   yang   telah   dilakukan dengan lembaga terkait;  
5. Informasi terkait hasil penelitian;  
6. Informasi pedoman tata naskah;  dan  
7. Informasi   terbuka  lainnya  yang  diminta  oleh pemohon Informasi Publik. 

Bidang Administrasi Perencanaan 

Mengoordinasikan   pengumpulan   seluruh Informasi  Publik  di  lingkungan PPlD  2  meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara  berkala,   Informasi   yang  wajib  tersedia setiap  saat,  dan  informasi terbuka  lainnya yang diminta    pemohon   Informasi     Publik    dengan rincian sebagai berikut:  
1. Informasi          Laporan  Akuntabilitas   Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);  
2. Informasi Dokumen DIPA dan RKAKL;  
3. Informasi Rencana Kerja Tahunan;  dan  
4. Informasi  terbuka lainnya  yang diminta  oleh pemohon lnformasi Publik. 

10 Bidang  Administrasi Organisasi dan Ketatalaksanaan 

Mengoordinasikan     pengumpulan    seluruh Informasi  Publik di  lingkungan  PPlD  2  meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara  berkala,   informasi  yang  wajib   tersedia setiap saat,  dan  informasi terbuka  lainnya yang diminta    pemohon   Informasi     Publik    dengan rincian sebagai berikut:  
1. Informasi       terkait     Standar       Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan;  
2. Informasi       terkait     Standar      Operasional Prosedur teknis;  
3. Informasi terkait regulasi;  
4. Informasi  terbuka lainnya  yang diminta  oleh pemohon lnformasi Publik. 

11 Bidang  Administrasi Keuangan 

Mengoordinasikan          pengumpulan        seluruh Informasi Publik di lingkungan PPID 2 meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara  berkala,   informasi  yang  wajib   tersedia setiap saat,  dan  informasi terbuka  lainnya yang diminta    pemohon   Informasi     Publik    dengan rincian sebagai berikut:  
1. Informasi Laporan Keuangan  Unaudited;  
2. Informasi Laporan  Keuangan Audited;  
3. Informasi Laporan Realisasi Anggaran;  
4. Informasi Data Statistik Keuangan;  
5. Informasi Dokumen pengelolaan keuangan;  
6. Informasi  terbuka  lainnya yang diminta oleh pemohon Informasi Publik. 

 

Pembinaan Informasi Publik   
Strategi dan Metode Pembinaan    
Kebijakan Informasi Publik   

Kepses No 56 Tahun 2024    
Tentang PPID Setjen Wantannas